Beranda | Artikel
Ketika Bermimpi - Panduan Amal Sehari Semalam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Selasa, 27 Maret 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Ketika Bermimpi adalah ceramah agama Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. Ceramah agama ini membahas buku “Panduan Amal Sehari Semalam” yang berisi amalan-amalan yang semestinya dilakukan oleh seorang muslim dalam kesehariannya. Kajian ini disampaikan pada 02 Rajab 1439 H / 27 Maret 2018 M.

Ceramah agama tentang Ketika Bermimpi – Panduan Amal Sehari Semalam

Mimpi adalah sesuatu yang biasa dialami dan bahkan sering kita alami. Terkadang seseorang dibuat gundah oleh mimpi buruk yang dilihatnya didalam tidur. Dia merasa khawatir bahwa mimpi itu akan menjadi kenyataan. Atau paling tidak bahwa itu merupakan pertanda buruk dalam kehidupannya. Maka diapun menjadi cemas.

Beberapa orang jahil atau orang awam sering tergesa-gesa didalam menakbirkan mimpi. Bahkan yang membuat heran adalah bahwa takbir mimpi ini terkadang benar-benar terjadi.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan bahwa mimpi terbagi menjadi tiga.

“Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.” (HR. Bukhari)

Syariat Islam telah memberikan kepada kita tuntunan berkaitan dengan tiga jenis mimpi tersebut.

Pertama, menyikapi mimpi yang baik. Ini adalah kabar gembira yang disegerakan oleh Allah subahanahu wa ta’ala. Sikap seorang muslim dalam hal ini adalah memuji Allah subhanahu wa ta’ala atas mimpi yang dilihatnya itu.

Kita tahu bahwa mimpi ini tidak boleh menjadi dasar hukum. Tidak boleh membangun apapun atas dasar mimpi. Apalagi mimpi yang berkaitan dengan hal-hal syariat.

Sikap selanjutnya adalah bergembira dan jangan menceritakan mimpi itu kecuali kepada orang yang menyukainya agar tidak timbul hasad. Ini untuk meningkatkan motivasi kita, rasa optimis bahwa Allah akan memberikan yang baik untuk kita.

Simak penjelasan lengkapnya dan download MP3 ceramah agama tentang Ketika Bermimpi – Panduan Amal Sehari Semalam

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30579-ketika-bermimpi-panduan-amal-sehari-semalam-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-m/